Sejarah Permainan Sepak Bola

Sejarah sepak bola sebagai olahraga digemari sejak abad ke-2 M sampai abad ke-3 M di Cina. Pada masa Dinasti Han, masyarakat menggiring bola kulit dengan memasukkan dalam jaring kecil yang disebut dengan Tsu Chu. Permainan sepak bola juga dimainkan di Jepang dengan nama lain Kemari. Pada abad ke-16 sepak bola juga digemari di Italia. Lalu permainan sepak bola banyak ditemukan di berbagai negara seperti Inggris, Meksiko, Romawi, Amerika Tengah hingga Romawi Kuno

Namun saat sepak bola sampai ke Inggris, pada tahun 1365 Raja Edward III melarang untuk memainkan sepak bola, karena dalam permainan sepak bola terjadi banyak kekerasan dan tindakan yang brutal. Namun pada tahun 1360 Raja Edward III mengizinkan kembali berlakunya permainan sepak bola. Namun permainan sepak bola tidak ada perubahan, tetap penuh dengan kekerasan dan tindakan brutal. Hingga pada tahun 1572, Ratu Elizabeth I melarang kembali permainan sepak bola tanpa ada kompromi dan disertai sanksi tegas kepada orang yang masih melakukan permainan sepak bola yaitu dengan memenjarakan orang tersebut. Namun akhirnya pada tahun 1680 larangan untuk tidak melakukan permainan sepak bola dicabut kembali oleh Raja Charless II.

Sejarah sepak bola modern berdasarkan tahun :

Pada tahun 1863 terbentuk asosiasi sepak bola Inggris

Pada tahun 1885 terdapat pertandingan sepak bola diluar wilayah Inggris, yaitu Kanada melawan Amerika

Pada tahun1886 diadakan rapat pertemuan untuk pertama kali yang membahas tentang pembentukan kelompok yaitu asosiasi sepak bola dunia

Pada tahun 1888 terdapat wasit menjadi pemegang penih permainan sepak bola

Pada tahun 1904, dibentuk Federation Internationale de Football Asociation (FIFA) do Prancis yang beranggotakan Swedia, Swiss, Spanyol, Belanda, Belgia, Prancis.

Federation Internationale de Football Asociation (FIFA)

Federation Internationale de Football Asociation (FIFA) didirikan pada tahun 1904 di Prancis. Federation Internationale de Football Asociation (FIFA) memiliki slogan “FOR THE GAME, FOR THE WORLD”. FIFA adalah badan internasional pengatur sepak bola, FIFA juga mempromosikan sepak bola, mengatur transfer pemain antar tim, memberikan gelar kepada pemain sepak bola terbaik di dunia, dan menerbitkan daftar peringkat dunia FIFA setiap bulannya.

Federation Internationale de Football Asociation (FIFA) memberikan sebuah kode tiga huruf (Tigram FIFA) kepada negara anggota dan negara non-anggota FIFA. Sampai saat ini terdapat 209 negara yang tergabung dalam FIFA. Markas Federation Internationale de Football Asociation (FIFA) terletak di Zurich, Swiss. Kompetisi terpenting yang diadakan oleh FIFA yaitu pertandingan sepak bola seluruh dunia atau yang sering kita sebut piala dunia. Pada babak final piala dunia adalah tontonan yang paling digemari melebihi Olimpiade. BBC adalah stasiun TV pertama kali yang menayangkan acara sepak bola pada tahun 1938 dan pada tahun 1966 dengan menggunakan fitur replay pada setiap pertandingan sepak bola. Kemudian FIFA memperlebar sayapnya dengan mendirikan beberapa badan asosiasi regional yang terdiri atas beberapa negara, yaitu :

UEFA atau Union of European Football Associations. Didirikan pada tahun 1954 dengan 53 anggota yang menaungi negara-negara Eropa. Turnamen utama dalam UEFA adalah UEFA European Championship.

CAF atau Confederation Africaine de Football. Didirikan pada tahun 1957 dengan 53 anggotan + 2 rekan yang menaungi negara-negara Afrika. Turnamen utama adalah African Cup Of Nations.

AFC atau Asian Football Confederation. Didirikan pada tahun 1954 dengan 46 anggota yang menaungi negara-negara Asia. Turnamen utama dari AFC adalah Asian Cup.

CONMEBOL atau ConfederaciΓ³n Sudamericana de FΓΊtbol. Didirikan pada tahun 1916 dengan 10 anggota yang menaungi negara-negara Amerika Selatan. Turnamen utama yaitu Copa Amerika.

CONCACAF atau Confederation of North, Central American and Caribbean Association Football. Didirikan pada tahun 1961 dengan 40 anggota yang menaungi Amerika Utara, Amerika Tengah, Karibia. Turnamen utama CONCACAF Gold Cup.

OFC atau Oceania Football Confederation. Didirikan pada tahun 1966 dengan 11 anggota + 6 rekan yang menaungi negara-negara di Oseania. Turnamen utamanya adalah OFC Nations Cup.

Sejarah Sepak Bola Indonesia

Perkembangan sepak bola di Indonesia tidak terlepas dari pedagang dari cina yang datang tidak hanya untuk berdagang, namun juga menyebarkan sepak bola pada masyarakat Indonesia. Telah tercatat pada tahun 1915 sudah terdapat banyak club sepak bola yang berdiri dan didirikan oleh warga Tiong Hoa. Pada tahun 1920 terdapat club sepak bola seperti UMS Jakarta dan Surabaya yang menjadi club ter hebat dalam persepakbolaan Hindia Belanda.

Peristiwa penting pula dalam sejarah sepak bola indonesia yaitu pada tanggal 19 April 1930 didirikan PSSI atau Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia yang bertugas menaungi club sepak bola yang ada di Indonesia. Sejarah sepak bola di Indonesia tidak lepas dari seorang tokoh yang bernama Soeratin Sosrosoegondo. Beliau merupakan anak seorang pribumi yang yang telah mengikuti sekolah Teknik Tinggi Heckelenburg, Jerman. Menurutnya sepak bola adalah salah satu meningkatkan rasa Nasionalisme untuk melawan Belanda. Namun pada tahun 1938, Soeratin Sosrosoegondo memutuskan secara sepihak dengan NIVU karena beliau kesal setiap kali mengikuti pertandingan sepak bola selalu menggunakan bendera NIVU atau Belanda. Namun untuk beberapa waktu, sepak bola di Indonesia mengalami vakum. Karena Jepang telah berhasil mengusir Belanda dan menjajah Indonesia.

Prestasi Terbaik Timnas Di Sepak Bola Internasional

Tampil pada piala dunia pada tahun 1938

Semifinal Asian Games pada tahun 1954

Menahan imbang Uni Soviet pada Olimpiade Melbourne pada tahun 1956

Mendapat medali perunggu pada Asian Games pada tahun 1958

Juara Pesta Sukan pada tahun 1972

Semifinal SEA Games pada tahun 1977

Juara Turnamen Merdeka pada tahun 1962

Juara Turnamen Merdeka pada tahun 1969

Juara Piala Raja pada tahun 1968

Semifinal Asian Games pada tahun 1986

Juara Piala Kemerdekaan pada tahun 1987

Juara Turnamen Merdeka pada tahun 1961

Mendapat medali perak SEA Games pada tahun 1979

Mendapat medali perunggu SEA Games pada tahun 1981

Semifinal SEA Games pada tahun 1985

Juara SEA Games pada tahun 1987

Mendapat medali perunggu SEA Games pada tahun 1989

Juara SEA Games pada tahun 1991

Semifinal SEA Games pada tahun 1993

Mendapat medali perak SEA Games pada tahun 1997

Mendapat medali perunggu SEA Games pada tahun 1999

Mendapat medali perak SEA Games pada tahun 2011

Mendapat medali perunggu SEA Games pada tahun 2013

Finalis Piala Tiger pada tahun 2000

Finalis Piala Tiger pada tahun 2002

Finalis Piala Tiger pada tahun 2004

Finalis piala AFF pada tahun 2010

Begitulah sejarah sepak bola di dunia maupun di Indonesia. Dalam permainan sepak bola juga terdapat banyak peraturan yang harus dipatuhi agar tidak merugikan tim sendiri. Tetap lestarikan sepak bola dan dukung terus Tim Nasional Indonesia untuk menambah rasa Nasionalisme dalam diri kita.

Jika menurut kamu ini artikel yang bermanfaat, saya sangat berterima kasih kalau kamu mau membagikan informasi ini dengan teman-teman kamu dengan mengklik tombol share.

Terima kasih πŸ™πŸ’•


Komentar

  1. Nama : Denisha Ramadhani.
    Kelas : IX Jabal Uhud.
    Sekolah : Amanah - 1

    BalasHapus
  2. π”‘π”žπ”ͺπ”ž:π”―π”žπ”¦π”ž 𝔫𝔲𝔯 π”žπ”¨π”¦π”©π”©π”ž
    π”Žπ”’π”©π”žπ”°:ℑ𝔛 π”§π”žπ”Ÿπ”žπ”© 𝔲π”₯𝔲𝔑
    π”–π”’π”¨π”¬π”©π”žπ”₯: π”žπ”ͺπ”žπ”«π”žπ”₯ 1

    BalasHapus
  3. Nama:Aulia Jahadah
    Kelas:IX Jabal Uhud
    Sekolah: Amanah-1

    BalasHapus
  4. ANDRA RAMADHAN NST
    IX Jabal Uhud
    TAHFIDZH QUR'AN AMANAH I

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Renang

Gerak dasar Senam Lantai

Sejarah Senam Lantai