Game Passball


Peralatan dan Perlengkapan Game Passball

Hal pertama dan utama dalam permainan ini adalah mengenal peralatan dan perlengkapan yang mendukung jalannya permainan. Dalam hal ini lapangan, bola, dan net merupakan sarana dan prasarana yang paling umum.

Lapangan Permainan

Ukuran lapangan minimal yang dapat digunakan adalah 6 x 14 meter.

Net

Dalam permainan ini sama dengan peraturan permainan tenis lapangan karena memiliki net sebagai pembatas antar dua kubu atau tim yang berlawanan.

Bola 

Bola yang digunakan adalah bola voli. Bola voli yang standard adalah dengan Ukuran keliling lingkaran  65-67 cm.
Berat bola voli yang dianggap resmi dan standar adalah 260-280 gram.
Tekanan bola voli yang merupakan standar adalah sekitar 0.30 hingga 0.325 kg/cm2.
Bola voli yang dianggap standar adalah bola voli yang terbuat dari bahan kulit asli atau buatan. Bola tersebut juga kemudian dipompa atau diisi dengan udara.

Peraturan Permainan Passball

1. Seorang wasit merupakan pemimpin jalannya permainan;

2. Selain wasit, ada juga 4 orang lainnya yang merupakan penjaga garis serta seorang pencatat skor;

3. Pada setiap pertandingan terdiri dari 2 tim yang masing-masing terdiri dari 4 orang pemain;

4. Tiap tim masing-masing diberikan hak untuk bermain bola paling banyak 3 kali;

5. Seorang pemain dilarang untuk memainkan bola di atas 1 kali secara berturut-turut;

6. Dalam melakukan servis, satu orang pemain yang memang berperan sebagai server harus segera bersiap menuju luar garis pinggir samping lapangan (di samping net);

7. Server harus melemparkan bola ke udara, baru kemudian Passer (orang yang melakukan Passing) memukulnya hingga bola melambung dan jatuh menyeberangi net atau di ruang lawan. Ketika keluar garis, bola akan wasit nyatakan keluar atau dengan istilah out dan pihak tim lawan diberi satu poin tambahan;

8. Ketika bola sudah sampai ke ruang lawan, pihak lawan akan menerima atau bisa juga menahan bola tersebut dengan passing;

9. Passing merupakan teknik menahan bola memakai 2 lengan yang disatukan ke arah depan dan pada keadaan yang mendesak, proses penerimaan bola dapat dilakukan dengan menggunakan anggota tubuh manapun asalkan tidak ditendang seperti memainkan sepak bola;

10. 15 rally point adalah sistem perhitungan dari setiap permainan Passball. Apabila kedua tim mendapatkan misalnya poin seri atau 14-14, akan diadakan pertandingan dengan tambahan 2 poin dan salah satu tim yang unggul pertama kali menciptakan selisih 2 poin itulah yang dianggap menjadi pemenangnya;

11. Pihak tim lawan akan mendapatkan nilai ketika mereka dapat memasukkan bola ke wilayah kita karena otomatis kita akan kehilangan bola.

12. Pihak tim lawan akan memperoleh skor apabila serve yang dilakukan oleh tim kita tak melalui net dan tidak masuk ke area mereka.

Pada sebuah tim, selalu ada 3 peran utama, yakni meliputi tosser atau setter, defender atau pemain yang khusus untuk bertahan, dan libero.

Tosser pada sebuah tim merupakan pengumpan atau orang yang wajib mengumpankan bola ke rekan-rekannya dan menjadi pengatur jalannya permainan.

Libero pada sebuah tim memiliki peran utama sebagai pemain bertahan. Keuntungan dari pemain dengan posisi ini adalah ia bisa dengan bebas keluar dan masuk.

Defender pada sebuah tim mempunyai peran utama sebagai pemain bertahan juga, tapi lebih kepada penerima serangan dari tim lawan.

Pelanggaran

1. Pemain melakukan kontak dengan net (menyentuh net secara sengaja atau tidak sengaja).

2. Pemain melewati garis pembatas yang ada di tengah lapangan lawan.

3. Bola dilarang untuk dilempar ataupun ditangkap.

4. Pemain harus memantulkan bola voli tapi dengan tidak mengenai lantai dasar lapangan sehingga harus ekstra hati-hati.

5. Sebelum bola akhirnya menyentuh permukaan lapangan, tidak akan dianggap out. Anggapan atau keputusan bola out apabila bola sampai keluar garis lapangan.

6. Double foults adalah ketika pemain sempat mengenai net 2 kali ketika pertandingan bola voli sedang berlangsung.

7. Dianggap pelanggaran apabila seorang pemain meninggalkan lapangan begitu saja tanpa ada izin dari wasit.

8. Dianggap pelanggaran apabila seorang pemain melakukan protes berlebihan kepada wasit dan menyatakan tidak terima atas segala keputusan wasit.

9. Dianggap pelanggaran apabila pemain berbicara kasar atau tak sopan kepada lawan kompetisinya maupun kepada wasit.

10. Dianggap pelanggaran apabila bola belum sampai ke seberang atau ke area pihak tim lawan setelah pukulan ketiga. Sebagai konsekuensinya, bola akan berpindah tangan ke tim lawan sekaligus juga lawan jugalah yang memperoleh poin tambahan.

Untuk melihat lebih jelas tentang permainan ini, kamu bisa klik link berikut ini 👉  https://youtu.be/xWpGpFbsQiA

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Renang

Gerak dasar Senam Lantai

Sejarah Senam Lantai