Peraturan Sepak Bola

Peraturan Sepak Bola

Peraturan Sepak Bola

Di dalam sebuah olahraga, maka akan ada peraturan-peraturan yang dapat membatasi permainan. Dimana peraturan tersebut harus dipatuhi oleh para pemain yang ada didalamnya. Begitu juga dengan sepak bola, berikut adalah peraturan sepak bola:

1. Banyaknya Pemain

Jumlah pemain dalam permainan sepak bola yaitu ada 11 pemain dalam satu tim. Yang mana 11 pemain tersebut dapat dibagi menjadi 1 kiper, 2 sampai 5 pemain menjadi pemain tengah, 4 pemain menjadi pemain bertahan, dan 1 sampai 3 pemain menjadi pemain penyerang.

Setiap tim sepak bola juga memiliki seorang kapten, yang mana tugasnya yaitu untuk dapat memimpin teman-teman dalam satu timnya bermain dengan fair dan sesuai dengan arahan.

2. Ukuran Lapangan Sepak Bola

Ukuran Lapangan Sepakbola Standar Nasional

Pertandingan yang diadakan dalam skala dalam negeri bisa disebut juga standar nasional, lapangan yang digunakan dalam pertandingan ini biasanya memiliki ukuran yang sedikit lebih sempit dibandingkan dengan lapangan skala internasional. Ukuran panjang lapangan standar nasional yang digunakan yaitu kisaran antara 90m sampai 120 m untuk panjang dan lebar yang harus memenuhi yaitu antara 45 m sampai 90 m,  ukuran tersebut merupakan ketentuan yang sudah berlaku sejak lama. Secara rinci lapangan nasional memiliki ukuran sebagai berikut:

– Ukuran 9,15 m terletak digunakan untuk ukuran lingkaran tengah lapang
– Ukuran kotak kiper yang digunakan yaitu 18. 30 m x 5,5 m
– Kotak pinalti yang disediakan tepat didepan gawang memiliki ukuran 40,3 m x 16,5 m


Ukuran Lapangan Sepakbola Standar Nasional Internasional FIFA Beserta Gambarnya:

Panjang: 90 – 120 meter.
Lebar: 45 – 90 meter.
Lingkaran Tengah: radius 9,5 meter.
Panjang Kotak Penalti: 40 meter.
Lebar Kotak Penalti: 16,5 meter.
Jarak tendangan penalti: 11 meter.
Panjang Area Gawang: 18,32 meter.
Lebar Area Gawang: 5,5 meter.
Tinggi Gawang: 2,4 meter.
Lebar Gawang: 7,3 meter.

Lapangan Sepak Bola Standar Internasional

Lapangan standar internasional pastinya memiliki ukuran yang sedikit lebih luas dibandingkan dengan lapangan skala nasional hal ini dikarenakan permainan skala ini jauh lebih dibuat menantang dnegan ukuran lapang yang luas. Kriteria ukuran lapangan sepakbola le adalah sebagai berikut:
– Ukuran panjang lapang yang memenuhi kriteria yaitu 100 m hingga 110m dengan lebar antara 64m hingga 75 m
– Ukuran gawang atau kotak kiper yaitu tinggi 2,44 m dan lebar 7,32m
– Ukuran kotak pinalti sama dengan lapangan standar nasional. 
Gambar Ukuran Lapangan Sepak Bola Nasional Internasional FIFA
Gambar Lapangan Sepakbola dan Ukurannya

3. Durasi
Sesuai dengan peraturan sepak bola internasional, durasi dari pertandingan sepak bola yaitu 2 x 45 menit pada 2 babak. Tetapi, wasit yang merupakan pimpinan dari suatu pertandingan bisa memberikan waktu tambahan yang sesuai dengan kebutuhan, yaitu ada sekita 1 sampai 5 menit untuk setiap babaknya.

Pada pertandingan tertentu, contonya pada sistem gugur, apabila selama dua babak pertandingan sepak bola tersebut masih berimbang, maka akan diberikan waktu tambahan sekita 2 x 15 menit. Dan apabila selama perpanjangan waktu itu skor masih berimbang, maka akan dilakukan suatu tentangan adu pinalti, sehingga ada salah satu dari tim tersebut menang.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Renang

Gerak dasar Senam Lantai

Sejarah Senam Lantai