Sejarah Senam Lantai

Senam Lantai

                           Via pinterest.com

Pengertian Senam Lantai

Ada berbagai jenis senam yang saat ini dikembangkan dan dilakukan di dalam masyarakat sebagai salah satu olah raga yang paling sering dilakukan baik sendiri ataupun bersama-sama seperti misalnya senam aerobik, senam pramuka, senam ibu hamil, senam lansia, senam SKJ, dan lain sebagainya.
Namun ada juga senam yang tidak bisa sembarangan dilakukan oleh orang karena senam ini membutuhkan ketrampilan tubuh yang ekstrim, yakni senam artistik.

Senam artistik terbagi menjadi dua kategori, yakni senam artistik dengan menggunakan alat (meja lompat, palang bertingkat, balok keseimbangan, gelang-gelang, kuda pelana, palang sejajar dan palang tunggal) dan senam artistik tanpa menggunakan alat atau disebut juga sebagai senam lantai.

Secara sederhana senam lantai adalah salah satu jenis senam artistik yang memadukan berbagai bentuk keterampilan tubuh yang menonjolkan keindahan gerak, kerumitan gerak, kekuatan gerak, keluwesan gerak, keseimbangan dan kelenturan gerak untuk dipertunjukkan dalam lapangan senam lantai.
Pertandingan senam lantai ini justru malah mirip seperti pertunjukan dan oleh karenanya senam lantai disebut juga sebagai senam artistik karena keindahan gerak juga diperhitungkan oleh juri.

Seorang atlet senam lantai bebas meramu berbagai macam gerak tubuh seperti meroda, melenting, roll, jatuhan, salto, dan lain sebagainya dengan berbagai gaya dan ekspresi.

Dengan kata lain, gerakan dalam senam lantai bisa dibilang tak terbatas (unlimited exploration) sejauh atlet melakukan performanya tanpa bantuan alat.
Oleh karena itulah atlet senam lantai harus banyak melatih tubuhnya dengan berbagai jenis latihan tubuh dari berbagai disiplin yang bahkan merambah ke wilayah tari balet, tari jalanan (dance street) dan gerakan-gerakan akrobat.

Istilah Senam Lantai

Disebut sebagai senam lantai karena pada waktu melakukannya, atlet hanya menggunakan lantai sebagai media geraknya tanpa bantuan alat apapun untuk menciptakan gerak kecuali pakaian yang nyaman untuk bergerak dan matras yang berfungsi hanya sebagai pengaman, bukan sebagai alat.

Istilah senam lantai hadir karena salah satu sebabnya adalah aktivitas dalam olahraga senam lantai membutuhkan ketrampilan-ketrampilan dasar olah tubuh yang dilakukan di atas permukaan lantai (baca: permukaan datar yang terbuat dari bahan apapun) seperti misalnya pemanasan, peregangan, dan pelenturan.

Sejarah Senam Lantai

                        Via Twitter.com

Senam lantai merupakan olah raga yang sudah ada sejak zaman dahulu kala sehingga sulit untuk memastikan siapa penemunya.

Entah sejak kapan manusia mengenal bentuk-bentuk latihan senam lantai atau latihan gymnastik tanpa alat.namun menurut beberapa catatan sejarah, khususnya di Eropa, sejak zaman Yunani Klasik, olahraga gymnastik (termasuk senam lantai) telah ada dan digunakan untuk latihan semua kalangan atlet dari berbagai disiplin dan bahkan dijadikan juga sebagai metode latihan militer.

Buku tentang metodologi gymnastic pertamakalinya ditulis oleh Archange Tuccaro (1536-1616) yang berjudul “Arial Jumps”.

Buku tersebut memuat beragam metode latihan gymnastik yang diadaptasi dari berbagai jenis gerakan akrobatik.

Buku tersebut sangat berpengaruh dalam dunia gymnastik terutama di eropa pada waktu itu sehingga gymnastik saat ini banyak mendapatkan warisan gagasan sehingga bisa dilihat bahwa lebih dari 50% dari gerakan senam lantai (artistic gymnastics) merupakan gerakan akrobatik.

Sebelum olimpiade pertama, olahraga senam lantai ini telah berkembang baik di Eropa dan Amerika khususnya di negara Jerman sejak dipelopori oleh Adolf Spiess (1810-1858) dan Justus Carl Lion (1829-1901).

Bahkan, sebelum diadakannya olimpiade modern pertamakali pada tahun 1896, FIG (Federation Internationale De Gymnastique) telah dibentuk pada tahun 1881.

Mula-mula kompetisi ini tidak diberlakukan untuk perempuan, namun sejak tahun 1928 akhirnya perempuan bisa mengikuti kompetisi ini.

Enam tahun kemudian, yakni pada tahun 1934, cabang olah raga ini mulai dikembangkan dengan baik dengan peraturan yang berbeda dan terbentuklah WAG (women’s artistic gymnastics) dan MAG (men’s artistic gymnastics). Dan justru setelah itu kemudian olah raga senam lantai didomiasi oleh perempuan.

Seterusnya, senam artistik ini merupakan praktik individual dimana seorang atlet akan terus berjuang untuk mengolah dan menembus batas-batas tubuhnya untuk dipertunjukkan sekaligus dipertandingkan dalam pertandingan senam lantai.

Dengan demikian, sekali lagi, sukar untuk menentukan siapa penemu senam lantai sejauh senam tersebut merupakan suatu praktek individu seorang atlet dalam meramu gerakan senamnya dari beragam sumber dan disiplin tubuh.

Induk Organisasi Senam Lantai


FIG (Federation Internationale De Gymnastique) merupakan induk organisasi senam artistik internasional termasuk didalamnya cabang senam lantai.

FIG bertugas menyusun segala petunjuk peraturan, penilaian dan regulasi untuk semua aspek kompetisi senam internasional.

Sementara itu dalam lingkup nasional, senam diatur oleh masing-masing federasi nasional.

Di Indonesia, PERSANI (Persatuan Senam Indonesia) merupakan induk organisasi senam lantai nasional.

PERSANI bertugas untuk membina atlet senam Indonesia untuk diikutkan dalam kompetisi nasional, Sea games, Asian Games, Olimpiade dan kompetisi senam internasional.

Atlet Senam Lantai


Mula-mula pertandingan senam artistik yang mencangkup senam lantai dipertandingkan untuk kaum laki-laki, dan kaum perempuan mulai bisa ikut dalam pertandingan senam lantai secara formal sejak tahun 1928.

Justru setelah itu olah raga ini didominasi oleh kaum hawa, karena, menurut pendapat umum, mereka lebih menarik dan mampu berkembang dengan baik di cabang olah raga ini.

Senam lantai merupakan olah raga individual dimana sang atlet akan mengembangkan gerak tubuhnya sendiri untuk dipertandingkan.

Uniknya, pertandingan ini meski dalam tajuk pertandingan olahraga, namun tak jarang orang menganggapnya sebagai kompetisi pertunjukan seni dan akrobat dimana sang atlet tak hanya perform untuk kepiawaiannya dalam melakukan gerakan senam, tapi juga membungkusnya dengan unsur keindahan gerak.

Atlet senam lantai legendaris pertama yang berhasil memenangkan medali emas pertama dalam olimpiade modern adalah Larisa Latynina (Rusia) pada saat ia berumur 22 tahun, dan untuk kedua kalinya ketika ia telah berumur 26 tahun.


Selain itu, Nadia Elena Comaneci (Rumania) juga menjadi atlet legendaris senam lantai pertama dengan skor sempurna pada kelas pertandingan olimpiade. Tak hanya itu, pada tahun 1957 dan 1976, ia sempat dinobatkan sebagai ‘athlete of the year’.

Senam lantai juga melahirkan atlet terbaik bernama Svetlana Khorkina (Rusia) yang memenangkan 7 medali emas pada cabang senam artistik di olimpiade tahun 1996, 2000, dan 2004. Selain di kompetisi olimpiade, ia juga memengkan 20 kompetisi dunia.

Svetlana Khorkina merupakan yang pertama dan satu-satunya yang mampu memenangkan kejuaraan di 3 nomor senam artistik selain di nomor senam lantai.

Pada tahun 2005, ia dinobatkan sebagai Vice Presiden di Russian Artistic Gymnastic Federation.

Selain ketiga nama tersebut, masih ada satu lagi legenda dalam senam artistik, yakni Vera Caslavska (Ceko) yang menjadi satu-satunya atlet yang pernah memperoleh skor sempurna sebanyak 2 kali di pertandingan olimpiade.

Sepanjang karirnya, ia berhasil mengkoleksi 22 medali dan 7 diantaranya merupakan medali emas yang ia peroleh dalam kompetisi senam artistik di olimpiade.

Komentar

  1. NAMA : M.DARRELL PRAYATA NUGROHO

    KELAS : VII-A

    SEKOLAH : SMP AMANAH 1

    BalasHapus
  2. Nama : Sherina Ayassie Harvis Lubis
    Kelas :VII-B
    Smp : Amanah-01

    BalasHapus
  3. SMP AMANAH
    Nama :Ahmad Dairobiy Al-Kahfi Siregar
    Kelas :7-B

    BalasHapus
  4. SMP AMANAH 1
    Nama:Rasya Rizky Ar Raffa
    Kelas:VII-B

    BalasHapus
  5. Smp amanah 1
    ANDRA RAMADHAN NST
    VIII

    BalasHapus
  6. Nama:zahirah ardina
    Kls:81 kelompok 5
    Sekolah: mts n3 medan

    BalasHapus

  7. MTSN3,MEDAN
    Nama:Marysha Ayudia
    Kelas:VIII-1
    Kelompok:5

    BalasHapus
  8. amanah school
    name:rafifsyah dzakwan
    class:VIIA

    BalasHapus
  9. Nama:M Razak salim siregar
    Kelas:8-1
    Sekolah:mtsn 3 Medan
    Kelompok:3

    BalasHapus
  10. Smp amanah 1
    Nama:Muhammad Fahmi
    Kelas:VII-B

    BalasHapus
  11. SMP AMANAH-1
    NAMA :MUHAMMAD HAQIQI HAFIZ
    KLS:VIII

    BalasHapus
  12. SMP AMANAH-1
    NAMA:RAHMAN
    KLS:VIII

    BalasHapus
  13. SMP AMANAH -1
    NAMA:BARIEL RAFLI
    KLS:VIII

    BalasHapus
  14. SMP AMANAH-1
    NAMA:MUHAMMAD HILMY
    KLS:VIII

    BalasHapus
  15. SMP AMANAH-1
    NAMA:ARIF GUNAWAN
    KLS:VIII

    BalasHapus
  16. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  17. Nama:khairunnisa ramadona
    Kelas:7b
    Smp amanah 1

    BalasHapus
  18. Nama : Salwa Nahyana
    Kelas : VIII Jabbal Uhud
    SMP AMANAH I

    BalasHapus
  19. Amanah-1
    Nama: Chelsea Nayla putri
    Kelas:VIII

    BalasHapus
  20. Nama:bani ikhwana zafir
    Amanah 1
    Kls:VII-A

    BalasHapus
  21. SMP AMANAH 1
    NAMA:RETNO RAMADHANI
    KLS:VII-B

    BalasHapus
  22. SMP Amanah I
    Nama :M.Dennis.A.Moreno
    Kelas :VII-B

    BalasHapus
  23. Perguruan islam amanah 1
    NAMA=RAIA N AKILLA
    KELAS=VIII JABAL UHUD

    BalasHapus
  24. SMP AMANAH-1
    NAMA:Linda Siswati
    KELAS:VIII

    BalasHapus
  25. Mtsn 3 Medan
    Nama : Syafitra zhahirah
    Kelas : 84

    BalasHapus
  26. SMP Amanah-1
    Nama:Aulia Jahadah
    Kelas:VIII

    BalasHapus
  27. Mtsn 3 Medan
    Nama : Syafitri zhahirah
    Kelas : 84

    BalasHapus
  28. SMP AMANAH-01
    Nama: Septia Nur Fadillah
    Kelas: VIII JABBAL UHUD

    BalasHapus
  29. SMP Amanah-1
    Nama:Dea Zelvi Fazira
    Kelas:Vlll

    BalasHapus
  30. Perguruan islam amanah 1
    NAMA=CINTA CANTIKA NST
    KELAS=VIII JABAL UHUD

    BalasHapus
  31. MTsN 3 Medan
    Nama : Ahmad Fadhil
    Kelaa : VIII-7

    BalasHapus
  32. SMP AMANAH-01
    Nama=Ismi Maulida
    Kelas=VII Jabal Uhud

    BalasHapus
  33. Nama : Muhammad Faaris
    Kelas : VIII - 4
    Sekolah : MTsN 3 Medan

    BalasHapus
  34. Nama : Muhammad Faaris
    Kelas : VIII - 4
    Sekolah : MTsN 3 Medan

    BalasHapus
  35. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  36. Sekolah=MTsN3 Medan
    Nama=Ahmad Idham Nst
    Kelas=VIII-4

    BalasHapus
  37. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  38. perguruan islam amanah 1
    NAMA=ALLYSSA NADYA ANDINI
    KELAS=VIII JABAL UHUD

    BalasHapus
  39. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  40. Nama=Ahmad Idham Nst
    Kelas=84
    Sekolah=MTsN3 Medan

    BalasHapus
  41. Nama=Ahmad Idham Nst
    Kelas=84
    Sekolah=MTsN3 Medan

    BalasHapus
  42. PERGURUAN AMANAH 1
    NAMA=NUR SAKINAH
    KLS=VIII

    BalasHapus
  43. Perguruan amanah 1
    Nama= Nur Sakinah
    Kls=VIII

    BalasHapus
  44. Nama:siti hanum
    Kls:VII JABBAL UHUD
    AMANAH 1

    BalasHapus
  45. Perguruan AMANAH I
    NAMA : Aditya Wiradhana
    KELAS : VIII JABBAL UHUD

    BalasHapus
  46. Amanah-1
    NAMA:Azizah Mumtazah
    KELAS:Vlll

    BalasHapus
  47. Nama : Ezie Al hakim Ramadhan
    Kelas : VIII
    AMANAH 1

    BalasHapus
  48. Nama:siddiq permana
    Kelas: VIII
    AMANAH 1

    BalasHapus
  49. Nama: Zaskia Naura Rianto
    Kelas : 81
    Sekolah: MTs negeri 3 Medan

    BalasHapus
  50. Nama: M Fahrezi
    Kelas : 84
    Sekolah :MTs N 3 MEDAN

    BalasHapus
  51. Nama: M Fahrezi
    Kelas : 84
    Sekolah :MTs N 3 MEDAN

    BalasHapus
  52. Nama: M Fahrezi
    Kelas : 84
    Sekolah :MTs N 3 MEDAN

    BalasHapus
  53. Nama: M Fahrezi
    Kelas : 84
    Sekolah :MTs N 3 MEDAN

    BalasHapus
  54. Nama: M Fahrezi
    Kelas : 84
    Sekolah :MTs N 3 MEDAN

    BalasHapus
  55. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  56. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  57. Nama:dede mulya ramadhan
    Kelas:8-4
    Sekolah:MTsN 3 Medan

    BalasHapus
  58. Nama:arya garang dinata
    Kelas:7-3
    Skolah:mtsn 3 medan

    BalasHapus
  59. Nama:Raey Bavi
    Kelas:74
    Sekolah:MTsN 3 Medan

    BalasHapus
  60. Nama:Riri Humaira
    Kelas:76
    Sekolah:MTsN 3 Medan

    BalasHapus
  61. Nama : Rendi Ghoffar Arriziq
    Kelas:76
    Sekolah; MTSN 3 Medan

    BalasHapus
  62. Nama M Faidil Akhyar
    Kelas : 71
    MTSN 3 medan

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Renang

Gerak dasar Senam Lantai