Teknik Dasar Sepak Bola


Semangat Pagi !!! 

Salam Olahraga !

Siapa yang tidak mengetahui olahraga sepak bola ? Pasti Anda semua sangat familiar dengan olahraga yang satu ini. Karena olahraga sepak bola sering sekali dipertandingkan dan disiarkan di televisi. Banyak orang yang menggemari olahraga yang satu ini sampai ke seluruh penjuru dunia.

Karena eh karena, olahraga ini sering disebut sebagai olahraga yang paling populer di seluruh negara. Sepak bola juga telah memiliki liga pada setiap negara yang ada di dunia. Banyak sekali klub-klub sepak bola yang sangat terkenal dan sukses dibidangnya. Contohnya saja pada negara-negara Eropa yang merupakan kerajaan dari olahraga sepak bola ini.

Kali ini saya akan membahas tentang Teknik Dasar sepak bola. Silahkan dibaca dan lihat videonya juga ya. 

1. Teknik Dribbling (Menggiring Bola)

Teknik dribbling bisa dilakukan dengan cara Anda harus membawakan bola tersebut menggunakan kaki dan Anda juga dapat mengontrol kecepatan bola tersebut.

A. Closed Dribbling dan Speed Dribbling

Pada teknik dribbling ada yang disebut dengan teknik Closed Dribling, teknik ini adalah teknik menggiring bola yang bisa Anda lakukan dengan cara mengontrol dan menggiring bola dengan benar, serta Anda juga bisa melakukannya ketika Anda dihambat atau diapit pemain lainnya yang merupakan tim dari lawan.

Sedangkan Speed Dribling adalah teknik yang mana Anda dapat berlari, membuang bola ke arah depan, dan mengejar bola tersebut. Tidak hanya itu, ada tidak 3 teknik dasar menggiring bola lainnya, yakni menggiring bola menggunakan kaki sisi luar, kaki sisi dalam, dan punggung kaki.

B. Menggiring bola menggunakan punggung kaki

Tahapan dari teknik menggiring bola menggunakan punggung kaki yaitu :

Usahakan arah pandangan mata menatap lurus kearah depan.

Taruhlah bagian kakimu pada bagian ujung dari bola.

Selanjutnya Anda harus mendorong bola menggunakan punggung kaki Anda.

Terakhir lakukanlah hal tersebut berulang kali, dan selanjutnya Anda dapat menghentikan laju bole menggunakan telapak kaki Anda.

C. Menggiring bola menggunakan kaki sisi dalam

Tahapan dari teknik menggiring bola menggunakan kaki bagian dalam yaitu :

Usahakan arah pandangan mata menatap lurus kearah depan.

Putarlah pergelangan kaki Anda ke arah luar.

Selanjutnya Anda dapat memulai mendorong bola menggunakan kaki sisi luar.

Terakhir lakukan hal tersebut berulang kali dan Anda dapat menghentikan bola tersebut dengan telapak kaki Anda.

D. Menggiring bola menggunakan kaki sisi luar

Pada teknik menggiring bola menggunakan kaki sisi luar ini tidak jauh berbeda dengan teknik menggiring bola menggunakan kaki sisi dalam.

Anda hanya perlu mempraktekkan langkah demi langkah yang sama dengan teknik sebelumnya yaitu menggiring bola menggunakan kaki sisi dalam. Tetapi, Anda harus memutarkan pergelangan kaki Anda ke arah dalam, dan Anda pun dapat mendorong bola tersebut.

Berikut adalah video tutorial Menggiring Bola : https://youtu.be/qYjksJkAm-w


2. Teknik Kicking (Menendang Bola)


Seperti yang sudah Anda lihat pada permainan sepak bola, sebagian besar dalam permainan tersebut sangat didominasi dengan aksi menendang bola. Maka dari itu teknik dasar sepak bola selanjutnya yaitu teknik menendang bola atau kicking.

Anda dapar menggunakan 3 teknik dalam menendang bola ini, yaitu menggunakan kaki sisi luar, kaki sisi dalam, dan juga pada punggung kaki. Teknik-teknik tersebut bisa Anda praktekkan dengan harus memfokuskan pandangan Anda ke arah gawang yang akan menjadi target Anda, dan kemudian posisikan badan Anda.

Lalu Anda dapat menaruh satu kaki kanan ataupun kaki kiri Anda pada sisi disamping bola. Dan terakhir, Anda mengayunkan kaki Anda untuk menendang bola dan memfokuskan tenaga Anda pada daerah atas telapak kaki serta pandangan Anda ke sisi yang sudah Anda targetkan.

Berikut adalah Tutorial menendang Bola : 

3. Teknik Passing (Mengoper Bola)


Teknik yang selalu dipakai oleh pemain bola untuk memberikan bola kepada temannya yaitu teknik passing, dimana teknik passing adalah teknik untuk mengoper bola kepada teman sesama tim. Mengoper dan menerima bola juga harus dikuasai oleh pemain sepak bola, dan teknik ini terdapat 3 cara yaitu dengan menggunakan kaki bagian luar, kaki bagian dalam, dan juga punggung kaki.

Teknik passing dapat Anda lakukan dengan cara Anda harus memposisikan badan Anda menghadap ke arah bola terlebih dahulu, selanjutnya Anda dapat fokus pada arah pemain yang nantinya Anda akan mengoper bola tersebut, kemudian Anda dapat menarik sekaligus mengayunkan kaki Anda yang nantinya Anda akan menendang bola ke arah pemain lain, dan jangan lupa Anda harus menyesuaikan power yang ada di kaki Anda agar disesuaikan dengan jangkauan pemain yang Anda oper.

Berikut adalah Tutorial cara mengoper bola : 

4. Teknik Menahan Bola

Setelah menguasai teknik passing atau mengoper bola, Anda juga harus menguasai teknik menahan bola. Dimana teknik ini akan sangat berguna ketika Anda mendapatkan bola yang telah dioper dari teman Anda.

Anda dapat menahan bola dengan menggunakan dada, kaki, dan juga paha. Tidak hanya itu, Anda juga dapat menahan bola menggunakan kaki, yaitu kaki bagian luar, kaki bagian dalam, telapak kaki, dan juga punggung kaki.

Berikut adalah cara berlatih menahan bola : 


Menyundul bola akan sangat berguna untuk Anda apabila Anda tidak bisa mencapai bola yang jaraknya terlalu tinggi dari Anda, yang mana hal tersebut memiliki tujuan untuk dapat memasukkan bola ke gawang lawan dan mengoper bola. Teknik ini dapat Anda praktekkan dengan cara Anda harus dapat memposisikan tubuh Anda terlebih dahulu dan kemudian Anda harus menunggu waktu yang pas untuk melompat ketika bola akan datang.

Yang terpenting adalah, Anda harus menggunakan dahi untuk dapat menyundul bola, bukan menggunakan ubun-ubun kepala. Hal tersebut berguna agar Anda dapat mengendalikan bola sesuai dengan keinginan Anda dan bola tersebut akan segera meluncur dengan bertenaga dan juga terarah.

Berikut adalah cara berlatih teknik Heading : 

Nah itulah beberapa teknik dasar sepak bola yang harus kamu ketahui dan kuasai. materi berikutnya adalah teknik lanjutan pada permainan sepak bola. Kamu harus rajin berlatih agar teknik yang kamu miliki semakin baik.


Jika tulisan ini kamu rasa bermanfaat,saya akan senang jika kamu share tulisan ini. tetap semagat dan semoga bermanfaat

Komentar

  1. AJO_QQ poker
    kami dari agen poker terpercaya dan terbaik di tahun ini
    Deposit dan Withdraw hanya 15.000 anda sudah dapat bermain
    di sini kami menyediakan 9 permainan dalam 1 aplikasi
    - play aduQ
    - bandar poker
    - play bandarQ
    - capsa sunsun
    - play domino
    - play poker
    - sakong
    -bandar 66
    -perang baccarat (new game )
    Dapatkan Berbagai Bonus Menarik..!!
    PROMO MENARIK
    di sini tempat nya Player Vs Player ( 100% No Robot) Anda Menang berapapun Kami
    Bayar tanpa Maksimal Withdraw dan Tidak ada batas maksimal
    withdraw dalam 1 hari.Bisa bermain di Android dan IOS,Sistem pembagian Kartu
    menggunakan teknologi yang mutakhir dengan sistem Random
    Permanent (acak) |
    Whatshapp : +855969190856

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Renang

Gerak dasar Senam Lantai

Sejarah Senam Lantai