Peraturan Permainan Bulu Tangkis

 Peraturan Permainan Tunggal Bulu Tangkis

peraturan permainan bulu tangkis singkatd1kcdqz8byx1ui.cloudfront.net
Peraturan permainan bulu tangkis yang pertama adalah peraturan permainan tunggal dalam bulu tagkis. Seperti yang kita ketahui bahwa permainan bulu tangkis terbagi mejadi permainan Ganda atau pasangan, yang teridiri dari 4 orang pemaian dan permainan tunggal yang terdiri dari 2 pemain yeng berada di dalam lapangan''.

Untuk peraturan dalam permainan tunggal bulu tangkis, berikut penjelasanya :

  • Sebelum permainan dimulai, pemain yang akan melakukan servis pertama sebagaimana yang telah di sepakati oleh wasit. Biasanya dengan menggunakan metode, pelemparan koin untuk ditebak oleh pemain.
  • Pemain bulu tangkis yang akan melakukan servis atau yang menerima servis hanya pada pelaku servis di sebelah kanan dengan angka 0 atau nilai bilangan genap seperti pada angka 2, 4, 6 dan seterrusnya. servis akan diterima oleh pemain di sebelah kiri lapangan dengan angka yang ganjil yaitu 1, 3, 5 dan seterusnya.
  • Kedau pemian akan mengubah bidang servis ketika masing-masing pemain bisa memasukan angka dalam setiap pertandingan.


Peraturan Permainan Ganda Bulu Tangkis

peraturan bermain bulu tangkis ganda
assets.nst.com.my

Berikut ini merupakan peraturan permainan ganda dalam bulu tangkis atau badminton:

  • Pertandingan bisa dimulai dari salah satu pihak pemain yang akan melakukan servis petama sesuai dengan ketentuan wasit.
  • Pemain yang berada di sebelah kanan, akan melakukan servis dengan memukul shuttlecock ke area lawan,  Pemain juga harus mengarahkan shuttlecock ke arah lawan yang sedang berdiri diagional di hadapannyaa.
  • Pemain yang berdiri diagonal dengan pemaian yang melakukan servislah yang akan menerima servis. Namun jika pemain melakukan kesalahan dengan memukul shuttlecock yang bukan pemain yang berada di depan diagonal pemain servis. Maka poin akan diberikan kepada lawan.
  • Pukulan dilakukan dengan sisi kanan oleh pemain yang akan melakukan servis.
Pemain diagonal merupakan pemain yang berada di depan pemain yang melakukan servis. Pemain ini juga merupakan pemain yang akan malkukan sentuhan shuttlecock kedua setelah pemain servis.


Kesalahan Pemain Bulu Tangkis

kesalahan permainan badminton
media.thestar.com
fffffffffffffff

Kesalahan pemain bulu tangkis, paling banyak dilakukan ketika penerapan servis yang salah.

Terkadang banyak kesalahan yang terjadi tanpa sepengetahuan pemian itu sendiri. Kesalahan yang dilakukan oleh pemain pada sisi dalam lapangan terutama pada servis.

Servis yang gagal dilakukan oleh pemain akan menggagalkan servis sekaligus akan menambah poin untuk lawan.

Berikut ini kesalahan gerakan saat melakukan servis bulu tangkis.

Kesalahan Servis Pemain Bulu Tangkis

kesalahan pada saat servis bulutangkis
medias.liberation.fr
  1. Ketika pemain melakukan servis, pemain harus memperhatikan posisi shuttlecock ketika akan dipukul dengan raket. Posisi raket harus lebih tinggi dari ketinggian pinggang pemain, atau salah satu dari kepala bagian raket tersebut berada lebih tinggi dari tangan yang memegang shuttlecock. Maka hal ini bisa menjadi servis judge, dimana wasit akan mengatakan pelanggaran dan lawan yang akan mendapatkan poin.
  2. Ketika pemain melakukan servis, dan shuttlecock yang dipukul pemain terjatuh pada bagian yang salah. Posisi yang salah ini memiliki arti jatuhnya shuttlecock tidak sesuai dengan arah diagonal pemain yang melakukan servis. Jika pemain memukul dengan sevis pendek maka pemain bisa membiarkan saja tanpa memukul shuttlecock dari lawan. Jika shuttlecock yang dipukul degan keras dan keluar lapangan maka pemain bisa membiarkan dan poin akan didapatkan oleh pemain yang akan menerima servis tersebut.
  3. Kesalahan selanjutnya terjadi, ketika pemain bulu tangkis tidak memperhatikan posisi kaki yang tidak pada bidang servis. Atau juga bisa penerima servis diaogonal tidak sesuai atau menyamping dengan posisi pemain servis.
  4. Kesalahan selanjutnya yang terjadi karena kesalahan pemain yang dengan sengaja melakukan gerakan tipun dengan sengaja kepada lawan. Hal ini bisa mengganggu konstrasi lawan, sehingga termsuk kedalam pelanggaran,
  5. Pada saat servis atau reli, ketika shuttlecock yang menyentuh badan, jatuh keluar lapangan dan mengenai net. Maka hal ini termasuk kesalahan pemain dan akan ada penambahan poin untuk lawan,
  6. Shuttlecock yang dipukul sebelum menyebrangi net, biasanya hal ini terjadi karena ada adu nettingi. Jika shuttlecock belum masuk ke dalam area sendiri maka shuttlecock tidak boleh dipukul. Jika shuttlecock dipukul maka akan terjadi pelanggaran dan poin untuk lawan.
  7. Ketika dalam pertandingan pemain yang menyentuh shuttlecock dengan anggota badan, badan yang menyentuh tiang, net, bagian tubuh pemain. Maka hal tersebut bisa dikatakan juag pelanggaran dan poin akan diberikan kepada tim lawan.
  8. Pemukulan shuttlecock yang dilakukan pemain dengan dua kali sentuhan. Hal ini sering terjadi ketika dalam pertandingan ganda, jika salah satu pemain telah menyentuh shuttlecock maka pemain satunya tidak boleh menyentuh shuttlecock kembali. Jika hal ini terjadi maka poin akan di berikan wasit kepada tim lawan.
  9. Pemain akan melakukan servis jika lawan sudah dalam keadaan siap menerima servis dari lawan. Penerima servis bisa membuat satu gerakan seperti mnerima servis sebagai tanda bahwa pemain siap. Apabila pemain belum siap bisa untuk mengangkat tangan, sebagai tanda bahwa pemain dalam keadaan belum siap.
  10. Pemain yang melakukan servis harus dalam keadaaan siap, serta poisisi kedua kaki harus menempel ke lantai dan diam, sampai pemain memukul shuttlecock dengan raket.
  11. Jika saat servis atau reli, shuttlecock tidak menyentuh raket  dan tidak melewati net, maka hal ini dianggap tidak sah. Dan untuk shuttlecock yang tidak menyebrangi net maka poin akan diberikan kepada lawan.


Peraturan Penilaian Bulu Tangkis

penilaian bulu tangkis
amazon.com

Dalam sistem perhitungan angka dalam bulu tangkis, terdapat beberapa jenis penilain poin atau angka. Berikut ini beberapa penilain poin dalam olahraga bulu tangkis :

  • Poin angka yang harus dicapai dalam satu babak pertandingan bulu tangkis adalah 21 poin. baik dalam permainan ganda atau tunggal, sesuai dengan peraturan bulu tangkis PBSI. Sebagai contoh : kedua tim bisa memperoleh pon yang sama yaitu 20-20, maka akan ada penambahan angka 2 poin, dan tim yang pertama bisa menjga jarak 2 poin, merakalah yang menang. Apabila sampai berkelaanjutan sampai angka 29-29, maka tim yang bisa mencapai angka 30 terlebih dahulu adalah pemenangnya.
  • Dalam permainan ganjil dan ganda , terdapat 2 kali set pertandingan. Jika pemain bia menang dengan 2 kali berturut-turut maka akan dinyatakan sebagai pemenang. Jika masing-masing tim samaa kuat dan menang 1-1 set, maka dalam set ketiga akan digunakan sebagai penentu dalam pertandingan.
Set ke-3 dalam pertandingan bulu tangkis disebut dengan rubber game.

Ukuran Lapangan Bulu Tangkis / Badminton

gambar ukuran lapangan bulu tagkis
whatsuplife.in

Olahraga bulu tangkis ini juga termsuk salah satu permainan yang ikut serta dalam pertandingan yang bertaraf internsional, seperti olimpiade maupun sea games.

Ukuran lapangan bulu tangkis telah disesuaikan dengan standart permainan yang telah ditetapkan BWF. Apa kepanjangan dari BWF? BWF adalah Badminton World Federation, sebagai induk organisasi bulu tangkis atau badminton tingkat internsional.

Ketetapan tersebut berguna sebagai patokan peraturan permainan bulu tangkis.

Bentuk Lapangan Bulu Tangkis / Badminton

ukuran lapangan badminton
vectorstock.com

Permainan bulu tangkis memiliki bentuk persegi panjang serta digolongkan dengan 2 bidang yang terpisah dengan net di tangah-tengah lapangan.

Lapangan permainan juga di lengkapi dengan batas beberapa garis-garis. Tebal garis lapangan badminton sekitar 40 mm, dengan warna pilihan yang memiliki kontras dengan warna lapangan, seperti pada warna :

  • Putih
  • Kunig

Adapun pembagian garis dalam permainan badminton atau bulu tangkis ini adalah:

  • Garis servis depan.
  • Garis serivis tengah.
  • Garis servis sisi kanan atau kiri pada permainan tunggal.
  • Garis servis belakang untuk permainan ganda.

Dalam permainan bulu tangkis juga di sarankan untuk memakai bahan sejenis sintesis yang lunak dan kayu sebagai permukaan lapangan.

Ukuran Lapangan Bulu Tangis Internasional dan Nasional

gambar lapangan bulu tangkis dengan benar beserta ukurannya
sportzcraazy.com

Gambar di atas merupakan gambar lapangan bulu tangkis dengan benar beserta ukurannya, ukuran lapangan ini dapat juga digunakan sebagai lapangan bulu tangksi tunggal.

IBF atau Federasi Badminton Internsional telah menetapkan beberap aturan mengenai lapangan badminton. Namun IBF yang sekarang ini berganti nama dengan BWF (Badminton World Federation).

Di Indonesia sendiri organisasi yang menaungi badminton atau bulu tangkis adalah PBSI. PBSI atau Persatuan Badminton Seluruh Indonesia telah bergabung dengan BWF dan sekaligus mengikuti peraturan tersebut.

Adapun ukuran lapangan permainan yang telah di tetapkan BWF yang telah ditentukan mulai dari panjang dan lebarnya adalah:

  • Ukuran panjang lapangan adalah 13,40 meter.
  • Ukuran lebar lapangan adalah 6,10 meter.
  • Jarak garis servis depan dari garis net adalah 1,98 meter.
  • Jarak garis servis belakang yang digunakan untuk permainan ganda dari garis belakang adalah 0,76 meter.
  • Jarak garis servis tengah dari sisi samping adalah 3,05 meter.
  • Jarak garis samping yang digunakan untuk permainan tunggal dari garis pinggir lapangan adalah 0,46 meter.
  • Tinggi tiang net adalah 1,55 meter.
  • Tinggi net bulu tangkis adalah 1,52 meter.

Bidang Permainan Bulu Tangkis / Badminton

Garis bidang dalam permainan bulu tangkis dibagi mejadi beberapa bidang diantaranya :

  • Garis samping dalam lapangan.
  • Garis samping luar lapangan.
  • Garis belakang luar lapangan.
  • Garis belakang dalam lapangan.

Masing-masing garis dalam permainan bulu tangkis memilki ketentuan serta aturan yang berbeda. Terutama dalam permainan ganjil dan genap dalam permaian bulu tangkis.

Lapangan Bulu Tangkis / Badminton Pertandingan Tunggal

Pada ukuran lapangan dalam permainan tunggal bulu tangkis, sesuai dengan aturan BWF adalah:

  • Panjang lapangan permainan adalah 13,40 meter.
  • Lebar lapangan permainan adalah 5,18 meter.
  • Panjang bidang lapangan permainan adalah 4,72 meter.
  • Lebar bidang lapangan permainan adalah 2,59 meter.

Lapangan Bulu Tangkis / Badminton Pertandingan Ganda

Dalam permainan ganda memakai ukuran lapangan yang berneda dari permaian tunggal dalam permainan bulu tangkis.

Berikut adalah ukuran lapangan dalam permainan ganda bulu tangkis, sesuai dengan ketentuan BWF sebagai berikut :

  • Panjang lapangan permainan adalah 13,40 meter.
  • Lebar lapangan permainan adalah 6,10 meter.
  • Panjang bidang penerimaan servis adalah 3,96 meter.
  • Lebar bidang penerimaan servis adalah 3,15 meter.

Bidang pertandingan bulu tangkis atau badminton dibagi menjadi:

  1. Partai tunggal putra.
  2. Partai tunggal putri.
  3. Partai ganda putra.
  4. Partai ganda Putri.
  5. Partai ganda putra dan putri atau campuran.

Ukuran Lapangan Bulu Tangkis Mini

ukuran lapangan bulu tangkis mini
i.ytimg.com

Adapun ukuran lapangan permainan buu tangkis mini, yang diperuntukkan anak usia dini, di bawah umur 9 tahun. Ukuran lapangan bulu tangkis mini sedikit lebih sempit.

Untuk lapangan bulu tangkis mini memiliki ukuran:

  • Panjang lapangan sekitar 10,05 meter.
  • Lebar lapangan adalah 4,40 meter.

Garis Lapangan Bulu Tangkis Untuk Servis

Pada area servis lapangan bullu tangkis dalam partai tunggal adalah garis belakang luar dan garis samping bagian dalam. Sementara pada area servis ganda berada di garis belakang bagiam dalam dan garis samping luar.

Ukuran Net Bulu Tangkis

ciri ciri net bulu tangkis
photos.demandstudios.com

Tiang net dalam bulu tangkis sebagai alat pembantu untuk membentangkan net dari sisi ke sisi lapangan pada bagian tengah. Net bulu tangkis tebuat dari tali halus dengan warna yang gelap.

Persyaratan net bulu tangkis agar bisa dipakai dalam pertandingan dengan cara mengikat kuat net dengan tiang. Ikatan harus kuat sehingga net tidak kendor atau mudah turun karena bisa merubah aturan yang ada.

Berikut ukuran net dalam bulu tangkis:

  • Tinggi tiang bulu tangkis adalah 1,55 meter.
  • Tinggi net bulu tangkis atau badminton adalah 1,52 meter.
  • Lebar net bulu tangkis adalah 0,75 meter.
  • Panjang net bulu tangkis adalah 6,10 meter.
  • Puncak net diberi batasan putih slebat 7,5 cm.


Demikian pembahasan mengenai peraturan permainan bulu tangkis ini semoga bermanfaat.

Komentar

  1. Numpang promo ya Admin^^
    ajoqq^^cc
    mau dapat penghasil4n dengan cara lebih mudah....
    mari segera bergabung dengan kami.....
    di ajopk.biz...^_~3:23 PM 15-Sep-20
    segera di add Whatshapp : +855969190856

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Renang

Gerak dasar Senam Lantai

Sejarah Senam Lantai